Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Kunci Jawaban Pretest Pembatik Level 2 Tahun 2024 - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Kunci Jawaban Pretest Pembatik Level 2 Tahun 2024


Berikut Kunci
Kunci Jawaban Pretest Pembatik Level 2 Tahun 2024:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pengelolaan kelas terintegrasi TIK untuk pembelajaran kolaboratif adalah ….

A.    meningkatkan kompetensi profesional penggunaan TIK

B.    mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar

C.    meminta umpan balik siswa

D.    memilih platform pembelajaran yang sesuai

E.    memberikan motivasi dan apresiasi

2. Pak Anwar, seorang guru IPS, ingin memperkaya materi pembelajaran tentang sejarah Indonesia. Bagaimana website buku.kemdikbud.go.id  dapat membantunya?

A.    Mencari buku-buku referensi tambahan tentang tokoh-tokoh sejarah Indonesia.

B.    Mengunduh buku teks digital tentang sejarah Indonesia untuk menggantikan buku cetak.

C.    Berdiskusi dengan sejarawan melalui forum diskusi di website tersebut.

D.    Membuat soal ujian online tentang sejarah Indonesia.

E.    Mengikuti webinar tentang metode pengajaran sejarah yang efektif.

3. Contoh penerapan pendekatan TPACK dalam bentuk pengintegrasian TIK dalam strategi pembelajaran adalah ….

A.    memanfaatkan fitur tautan di LMS untuk pengumpulan tugas siswa

B.    mengembangkan media video pembelajaran digital

C.    memanfaatkan fitur di platform Merdeka Mengajar untuk asesmen diagnostik

D.    menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah nilai ujian

E.    menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming

4. Seorang guru IPA menyelenggarakan pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa media berbasis web. Proses pembelajaran dilakukan secara sinkronus di kelas dan asinkronus. Penerapan pendekatan TPACK yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan pernyataan berikut ….

A.    pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital

B.    kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus

C.    pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi

D.    model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)

E.    pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvesional

5. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah ….

A.    memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat

B.    mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai penerima bantuan TIK

C.    mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak

D.    mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum digital

E.    memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya

6. Pembelajaran digital sebagai sebuah sistem memiliki beragam komponen sebagai subsistem penyusun. Komponen pembelajaran digital meliputi unsur fisik dan non fisik. Yang termasuk komponen unsur fisik dalam pembelajaran digital adalah …

A.    infrastruktur dan perangkat TIK

B.    infrastruktur dan metode pembelajaran

C.    regulasi dan kebijakan pendidikan digital

D.    program komputer dan kebijakan

E.    perangkat TIK dan strategi pembelajaran


7. Pendekatan Praktik Baik (Best Practice) dalam pembelajaran melibatkan ….

A.    fokus pada hasil akhir

B.    metode pengajaran yang konvensional

C.    penilaian sumatif saja

D.    prosedur yang belum terbukti berhasil

E.    penilaian formatif dan sumatif komprehensif

8. Pendekatan TPACK diperlukan guru dalam mengembangkan pembelajaran digital maupun salah satu subsistem di dalamnya. Apabila seorang guru sudah kompeten dalam merancang strategi dan mengelola pembelajaran dan menguasai substansi pelajaran dengan baik, maka unsur TPACK yang harus ditingkatkan guru tersebut adalah ….

A.    innovation knowledge

B.    pedagogical knowledge

C.    technological knowledge

D.    content knowledge

E.    curriculum knowledge

9. Mengkombinasikan dengan pembelajaran mandiri peserta didik dapat menentukan kecepatan belajarnya masing-masing. Ini merupakan kunci utama dalam penerapan hybrid learning, yaitu ...

A.    Self paced learning

B.    Live event

C.    Performance Support Materials

D.    Assessment

E.    Collaboration 


10. Kelemahan lingkungan belajar luring adalah ...

A.    Umpan balik langsung

B.    Kontrol kelas langsung

C.    Terbuka akan praktik langsung

D.    Biaya tinggi untuk fasilitas

E.    Konteks sosial yang kaya

11. Ibu Ani menyediakan stasiun digital pada pembelajarannya yang menggunakan model pembelajaran station learning. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada pos tersebut adalah…

A.    Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak

B.    Membaca buku teks dan menuliskan hal-hal yang belum dipahami

C.    Melakukan eksperimen dengan peralatan laboratorium

D.    Menghafal definisi dari buku catatan

E.    Mendengarkan ceramah guru tanpa interaksi


12. Contoh pelaksanaan evaluasi terhadap sasaran pembelajaran digital pada aspek input adalah ….

A.    evaluasi oleh evaluator eksternal institusi

B.    evaluasi terhadap lulusan dan alumni

C.    evaluasi hasil belajar portofolio peserta didik

D.    evaluasi pemanfaatan bahan belajar dan media

E.    evaluasi kondisi awal dan karakteristik peserta didik


13. Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah… 

A.    tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh

B.    meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan

C.    kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan

D.    berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya

E.    berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah

14. Keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh guru adalah menggunakan teknologi digital sehingga dapat memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali ….

A.    berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

B.    mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS

C.    mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring

D.    melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar

E.    mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital


15. Dalam merencanakan pembelajarannya, Pak Budi menginginkan peserta didiknya mendapatkan pengalaman belajar yang menantang dan menyenangkan dengan memanfaatkan perangkat TIK. Sehingga Pak Budi mencari sumber belajar digital di beberapa portal pendidikan diantaranya Rumah Belajar dan laman web 
https://www.abcya.com. Model pembelajaran yang akan diterapkan oleh Pak Budi di kelasnya adalah ….

A.    Problem Based Learning

B.    Station Learning

C.    Game Based Learning

D.    Project Based Learning

E.    Discovery-Inquiry Learning

16. Bu Anita, seorang guru SD, ingin mengajarkan konsep pecahan kepada peserta didiknya. Ia menemukan beberapa konten di Portal Rumah Belajar, seperti video pembelajaran dan permainan interaktif. Bagaimana Bu Anita dapat mengoptimalkan penggunaan konten-konten ini dalam pembelajarannya?

A.    Meminta siswa memilih konten yang mereka sukai dan membiarkan mereka belajar secara mandiri.

B.    Membuat konten sendiri yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan mengabaikan konten yang ada di Portal Rumah Belajar.

C.    Memilih satu konten yang paling menarik bagi peserta didiknya dan menggunakannya sepanjang pembelajaran.

D.    Menggunakan video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi

E.    Menggunakan semua konten secara berurutan, mulai dari video, permainan, lalu latihan soal.

17. Dampak positif dari penggunaan model pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan belajar daring dalam proses pembelajarannya adalah …

A.    meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik

B.    menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi

C.    memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

D.    membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi

E.    mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran

 18. Setelah melakukan kegiatan awal pembelajaran, Ibu Indah memberikan contoh kasus/gambar/video tentang permasalahan kehidupan sehari-hari yang beliau dapat dari media sosial untuk memunculkan pertanyaan awal bagi murid. Hal yang dilakukan oleh Ibu Indah tersebut pada model pembelajaran project based learning merupakan tahapan …

A.    Evaluation the experience

B.    Access the outcome

C.    Start with essential equation

D.    Design project

E.    Monitoring the students and progress of project

19. Implementasi pembelajaran digital tidak sekadar menghadirkan penggunaan perangkat teknologi dalam proses belajar tapi perlu metode pembelajaran yang relevan dengan kondisi riil, misalnya dalam bentuk ….

A.    memanfaatkan aplikasi rapor hasil belajar digital

B.    menerapkan fitur pengisian daftar hadir pada kelas digital

C.    menerapkan pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah

D.    menggunakan aplikasi vicon untuk berdiskusi secara klasikal

E.    mengembangkan beragam media pembelajaran digital

20. Berikut ini merupakan contoh Learning Management System, kecuali…

A.    Schoology

B.    Quizizz

C.    Google Classroom

D.    Microsoft Teams

E.    Canvas

21. Kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas merupakan salah satu dari komponen utama refleksi yaitu ....

A.    Responsibility

B.    Open mindedness

C.    Problem solving

D.    Consistency

E.    Wholeheartedness

22. Contoh kegiatan yang sesuai dengan Discovery Inquiry Learning yang memanfaatkan sumber belajar digital adalah ...

A.    Membaca buku teks dan mengerjakan soal

B.    Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar

C.    Mendengarkan ceramah guru tanpa diskusi

D.    Menggambar poster pada kertas

E.    Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual

23. Menurut Harrington, komponen utama dalam sikap reflektif yang harus dimiliki pendidik meliputi ….

A.    kreativitas, inovasi, dan kolaborasi

B.    keterbukaan, tanggung jawab, dan kesungguhan

C.    pengetahuan, keterampilan, dan sikap

D.    motivasi, apresiasi, dan refleksi

E.    kritikal, kolaboratif, dan inovatif

24. Seorang guru dapat memanfaatkan PMM sebagai sumber belajar digital yang dapat membantunya dalam mengetahui tingkat pemahaman murid terhadap materi yang akan diajarkan. Fitur PMM apa yang dapat digunakan guru tersebut?

A.    Pelatihan Mandiri.

B.    Video Inspirasi.

C.    Ide Praktik.

D.    Perangkat Ajar.

E.    Asesmen Murid.


25. Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka menurut Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 melalui beberapa tahapan, seperti ....
 

A.    perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran

B.    perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

C.    penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran

D.    perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran

E.    pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran


26. Pemanfaatan sumber belajar digital yang tepat pada tahapan model pembelajaran problem based learning adalah …..

A.    Menyajikan bahan tayang berupa video dari media sosial untuk memberikan gambaran nyata permasalahan yang diberikan

B.    Memberikan tautan microsite yang berisi artikel, video, e-book sebagai referensi dalam menyusun perencanaan proyek

C.    Mengakses fitur edugame pada Portal Rumah Belajar untuk memilih jenis permainan yang sesuai topik

D.    Mengumpulkan data secara berkolaborasi dengan memanfaatkan fitur Rumah Belajar atau Video On Demand

E.    Menyediakan pos pembelajaran digital untuk melakukan simulasi melalui fitur Laboratorium Maya di Rumah Belajar 

27. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan manfaat dari pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran?

A.    Memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.

B.    Mengurangi ketergantungan pada buku teks cetak.

C.    Meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar.

D.    Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.

E.    Memperluas akses terhadap materi pembelajaran yang beragam.

28. Bu Sofia, seorang guru Bahasa Inggris, menemukan bahwa murid-muridnya kurang termotivasi karena kesulitan memahami materi. Langkah awal yang sebaiknya Bu Yani lakukan dalam memanfaatkan PMM adalah:

A.    Memberikan asesmen awal menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.

B.    Merancang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil Asesmen Murid.

C.    Langsung membuat modul ajar menggunakan fitur Perangkat Ajar.

D.    Mencari inspirasi pembelajaran dari fitur Ide Praktik dan Video Inspirasi.

E.    Menampilkan materi ajar dan video pembelajaran menggunakan fitur Bukti Karya.


29. Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS tersebut. Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ….

A.    TCK (technological and content knowledge)

B.    TPK (technological and pedagogical knowledge)

C.    PCK (pedagogical and content knowledge)

D.    PK (pedagogical knowledge)

E.    TK (technological knowledge)

30. Lingkungan belajar mengandung arti …

A.    semua yang ada di sekeliling individu yang menimbulkan komunikasi

B.    lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi

C.    hal yang dapat mempengaruhi perubahan sifat peserta didik

D.    segala hal di sekitar peserta didik yang mempengaruhi tingkah laku

E.    lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat