Berikut ini adalah 10 soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan
1. Apa pengertian motivasi dalam konteks pendidikan?
a) Suatu kondisi yang mendorong seseorang untuk berlibur.
b) Faktor penting yang menentukan keberhasilan belajar siswa.
c) Alat untuk mengukur hasil belajar siswa.
d) Tujuan utama pendidikan.
Jawaban: b) Faktor penting yang menentukan keberhasilan belajar siswa.
a) Suatu kondisi yang mendorong seseorang untuk berlibur.
b) Faktor penting yang menentukan keberhasilan belajar siswa.
c) Alat untuk mengukur hasil belajar siswa.
d) Tujuan utama pendidikan.
Jawaban: b) Faktor penting yang menentukan keberhasilan belajar siswa.
2. Apa perbedaan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik?
a) Motivasi intrinsik berasal dari dalam individu, sedangkan motivasi ekstrinsik berasal dari luar individu.
b) Motivasi intrinsik selalu lebih kuat daripada motivasi ekstrinsik.
c) Motivasi intrinsik selalu berkaitan dengan hadiah, sementara motivasi ekstrinsik berkaitan dengan minat individu.
d) Motivasi intrinsik hanya ditemukan pada anak-anak, sedangkan motivasi ekstrinsik hanya ditemukan pada orang dewasa.
Jawaban: a) Motivasi intrinsik berasal dari dalam individu, sedangkan motivasi ekstrinsik berasal dari luar individu.
a) Motivasi intrinsik berasal dari dalam individu, sedangkan motivasi ekstrinsik berasal dari luar individu.
b) Motivasi intrinsik selalu lebih kuat daripada motivasi ekstrinsik.
c) Motivasi intrinsik selalu berkaitan dengan hadiah, sementara motivasi ekstrinsik berkaitan dengan minat individu.
d) Motivasi intrinsik hanya ditemukan pada anak-anak, sedangkan motivasi ekstrinsik hanya ditemukan pada orang dewasa.
Jawaban: a) Motivasi intrinsik berasal dari dalam individu, sedangkan motivasi ekstrinsik berasal dari luar individu.
3. Apa contoh motivasi intrinsik dalam pendidikan?
a) Seorang siswa yang belajar untuk ujian agar mendapatkan nilai tinggi.
b) Seorang siswa yang senang membaca buku cerita karena menikmati cerita tersebut.
c) Seorang siswa yang hadir ke kelas karena ingin menghindari hukuman.
d) Seorang siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk mendapatkan sertifikat.
Jawaban: b) Seorang siswa yang senang membaca buku cerita karena menikmati cerita tersebut.
a) Seorang siswa yang belajar untuk ujian agar mendapatkan nilai tinggi.
b) Seorang siswa yang senang membaca buku cerita karena menikmati cerita tersebut.
c) Seorang siswa yang hadir ke kelas karena ingin menghindari hukuman.
d) Seorang siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk mendapatkan sertifikat.
Jawaban: b) Seorang siswa yang senang membaca buku cerita karena menikmati cerita tersebut.
4. Contoh motivasi ekstrinsik dalam pendidikan adalah ...
a) Seorang mahasiswa yang antusias mengikuti mata kuliah karena memiliki minat yang mendalam pada topik tersebut.
b) Seorang siswa yang belajar agar mendapatkan pujian dari orang tua atau guru.
c) Seorang siswa yang berpartisipasi dalam klub olahraga sekolah karena menyukai olahraga.
d) Seorang siswa yang memiliki minat intrinsik dalam pelajaran matematika.
Jawaban: b) Seorang siswa yang belajar agar mendapatkan pujian dari orang tua atau guru.
a) Seorang mahasiswa yang antusias mengikuti mata kuliah karena memiliki minat yang mendalam pada topik tersebut.
b) Seorang siswa yang belajar agar mendapatkan pujian dari orang tua atau guru.
c) Seorang siswa yang berpartisipasi dalam klub olahraga sekolah karena menyukai olahraga.
d) Seorang siswa yang memiliki minat intrinsik dalam pelajaran matematika.
Jawaban: b) Seorang siswa yang belajar agar mendapatkan pujian dari orang tua atau guru.
5. Prinsip motivasi dalam pendidikan yang menekankan bahwa motivasi belajar harus berpusat pada siswa adalah...
a) Motivasi belajar harus bersifat positif.
b) Motivasi belajar harus bersifat berkelanjutan.
c) Motivasi belajar harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
d) Motivasi belajar harus berpusat pada siswa.
Jawaban: d) Motivasi belajar harus berpusat pada siswa.
a) Motivasi belajar harus bersifat positif.
b) Motivasi belajar harus bersifat berkelanjutan.
c) Motivasi belajar harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
d) Motivasi belajar harus berpusat pada siswa.
Jawaban: d) Motivasi belajar harus berpusat pada siswa.
6. Mengapa penting untuk memahami kebutuhan individu dalam konteks motivasi belajar siswa?
a) Karena semua siswa memiliki kebutuhan yang sama.
b) Karena motivasi belajar tidak penting dalam pendidikan.
c) Karena setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda dan perbedaan ini memengaruhi motivasi belajar.
d) Karena guru harus menentukan tujuan pembelajaran tanpa memperhatikan kebutuhan siswa.
Jawaban: c) Karena setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda dan perbedaan ini memengaruhi motivasi belajar.
a) Karena semua siswa memiliki kebutuhan yang sama.
b) Karena motivasi belajar tidak penting dalam pendidikan.
c) Karena setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda dan perbedaan ini memengaruhi motivasi belajar.
d) Karena guru harus menentukan tujuan pembelajaran tanpa memperhatikan kebutuhan siswa.
Jawaban: c) Karena setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda dan perbedaan ini memengaruhi motivasi belajar.
7. Apa manfaat memberikan umpan balik yang positif kepada siswa?
a) Umpan balik positif tidak memiliki manfaat dalam motivasi belajar siswa.
b) Umpan balik positif membantu siswa meningkatkan motivasi belajar mereka.
c) Umpan balik positif hanya membuat siswa menjadi malas.
d) Umpan balik positif hanya diberikan kepada siswa yang sudah berhasil.
Jawaban: b) Umpan balik positif membantu siswa meningkatkan motivasi belajar mereka.
a) Umpan balik positif tidak memiliki manfaat dalam motivasi belajar siswa.
b) Umpan balik positif membantu siswa meningkatkan motivasi belajar mereka.
c) Umpan balik positif hanya membuat siswa menjadi malas.
d) Umpan balik positif hanya diberikan kepada siswa yang sudah berhasil.
Jawaban: b) Umpan balik positif membantu siswa meningkatkan motivasi belajar mereka.
8. Bagaimana hubungan yang baik antara guru dan siswa dapat memengaruhi motivasi belajar siswa?
a) Hubungan yang baik tidak memiliki pengaruh pada motivasi belajar siswa.
b) Hubungan yang baik antara guru dan siswa dapat menurunkan motivasi belajar siswa.
c) Hubungan yang baik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa merasa didukung dan dihargai.
d) Hubungan yang baik hanya penting dalam pendidikan anak-anak.
Jawaban: c) Hubungan yang baik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa merasa didukung dan dihargai.
a) Hubungan yang baik tidak memiliki pengaruh pada motivasi belajar siswa.
b) Hubungan yang baik antara guru dan siswa dapat menurunkan motivasi belajar siswa.
c) Hubungan yang baik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa merasa didukung dan dihargai.
d) Hubungan yang baik hanya penting dalam pendidikan anak-anak.
Jawaban: c) Hubungan yang baik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa merasa didukung dan dihargai.
9. Salah satu strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah ...
a) Memberikan tugas yang sulit untuk menguji kemampuan siswa.
b) Membuat pembelajaran membosankan dan tidak menarik.
c) Libatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
d) Berikan hukuman kepada siswa yang tidak melakukan tugas.
Jawaban: c) Libatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
a) Memberikan tugas yang sulit untuk menguji kemampuan siswa.
b) Membuat pembelajaran membosankan dan tidak menarik.
c) Libatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
d) Berikan hukuman kepada siswa yang tidak melakukan tugas.
Jawaban: c) Libatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
10. Mengapa pembelajaran yang relevan dan menarik diperlukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa?
a) Karena siswa tidak perlu menemukan makna dalam pembelajaran.
b) Karena pembelajaran yang relevan dan menarik membuat siswa lebih termotivasi.
c) Karena pembelajaran yang relevan dan menarik hanya cocok untuk siswa yang cerdas.
d) Karena guru harus mengikuti kurikulum tanpa memperhatikan minat siswa.
Jawaban: b) Karena pembelajaran yang relevan dan menarik membuat siswa lebih termotivasi.
a) Karena siswa tidak perlu menemukan makna dalam pembelajaran.
b) Karena pembelajaran yang relevan dan menarik membuat siswa lebih termotivasi.
c) Karena pembelajaran yang relevan dan menarik hanya cocok untuk siswa yang cerdas.
d) Karena guru harus mengikuti kurikulum tanpa memperhatikan minat siswa.
Jawaban: b) Karena pembelajaran yang relevan dan menarik membuat siswa lebih termotivasi.