Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk Seleksi PPPK Guru Tahun 2023 - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk Seleksi PPPK Guru Tahun 2023


Dalam rangka mewujudkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang profesional, kompeten, dan melayani, maka setiap PPPK wajib memiliki kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan kompetensi teknis yang sesuai dengan standar kompetensi jabatan. Sesuai dengan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, maka setelah seleksi administrasi berakhir, tahap seleksi pengadaan PPPK selanjutnya adalah seleksi kompetensi.

Seleksi kompetensi PPPK terdiri dari Seleki Kompetensi Manajerial, Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, Seleksi Kompetensi Teknis, dan Wawancara Berbasis Komputer. Berdasarkan hal tersebut, dipandang perlu adanya penyampaian Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis agar para peserta seleksi PPPK TA. 2023 dapat mengenali poin penting dari soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT yang akan diujikan sesuai dengan kompetensi jabatannya sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. 

PANSELNAS memberikan Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk jabatan fungsional yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, sesuai yang tercantum pada PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional. Untuk selanjutnya, Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis Jabatan Guru adalah sebagai berikut: 

  1. Konsep suatu disiplin ilmu yang relevan
  2. Materi suatu disiplin ilmu yang relevan
  3. Hirarki konsep dan materi suatu disiplin ilmu
  4. Prasyarat dari suatu disiplin ilmu yang relevan
  5. Keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain
  6. Konsep-konsep yang berkaitan dengan suatu disiplin
  7. Teori belajar Ausubel
  8. Teori belajar Gagne
  9. Teori belajar Piaget
  10. Karakteristik murid berkebutuhan khusus
  11. Tahapan perkembangan berdasarkan usia dan karakteristik khas masing-masing tahap
  12. Teori belajar Gagne: Taksonomi Bloom dan perkembangannya
  13. Profil Pelajar Indonesia
  14. Teori Belajar Gagne
  15. Learning Objective
  16. Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning
  17. Teori dasar komunikasi
  18. Active listening
  19. Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar
  20. Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan
  21. Mengembangkan motivasi siswa
  22. Behavior modification & habit formation
  23. Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku
  24. Desain pembelajaran
  25. Facilitating learning
  26. Berfikir kritis
  27. Berbagai teknik asesmen di tingkat kelas (classroom-based assessment) sesuai dengan tujuan pembelajaran
  28. Konsep dan prinsip assessment as learning dan assessment for learning
  29. Pemanfaatan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran (feedback)
  30. Program remedial dan program pengayaan berdasarkan hasil asesmen
  31. Refleksi
  32. Procedural & declarative knowledge
  33. Working memory & long-term memory
  34. Kode etik guru
  35. Interaksi guru-murid
  36. School safety
  37. Diversity
  38. Pengertian dan pengembangan potensi
  39. Perencanaan karir dan pengembangan potensi diri