Dalam rangka mewujudkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang profesional, kompeten, dan melayani, maka setiap PPPK wajib memiliki kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan kompetensi teknis yang sesuai dengan standar kompetensi jabatan. Sesuai dengan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, maka setelah seleksi administrasi berakhir, tahap seleksi pengadaan PPPK selanjutnya adalah seleksi kompetensi.
Seleksi kompetensi PPPK terdiri dari Seleki Kompetensi Manajerial, Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, Seleksi Kompetensi Teknis, dan Wawancara Berbasis Komputer. Berdasarkan hal tersebut, dipandang perlu adanya penyampaian Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis agar para peserta seleksi PPPK TA. 2023 dapat mengenali poin penting dari soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT yang akan diujikan sesuai dengan kompetensi jabatannya sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.
PANSELNAS memberikan Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk jabatan fungsional yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, sesuai yang tercantum pada PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional. Untuk selanjutnya, Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis Jabatan Guru adalah sebagai berikut:
- Konsep suatu disiplin ilmu yang relevan
- Materi suatu disiplin ilmu yang relevan
- Hirarki konsep dan materi suatu disiplin ilmu
- Prasyarat dari suatu disiplin ilmu yang relevan
- Keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain
- Konsep-konsep yang berkaitan dengan suatu disiplin
- Teori belajar Ausubel
- Teori belajar Gagne
- Teori belajar Piaget
- Karakteristik murid berkebutuhan khusus
- Tahapan perkembangan berdasarkan usia dan karakteristik khas masing-masing tahap
- Teori belajar Gagne: Taksonomi Bloom dan perkembangannya
- Profil Pelajar Indonesia
- Teori Belajar Gagne
- Learning Objective
- Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning
- Teori dasar komunikasi
- Active listening
- Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar
- Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan
- Mengembangkan motivasi siswa
- Behavior modification & habit formation
- Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku
- Desain pembelajaran
- Facilitating learning
- Berfikir kritis
- Berbagai teknik asesmen di tingkat kelas (classroom-based assessment) sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Konsep dan prinsip assessment as learning dan assessment for learning
- Pemanfaatan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran (feedback)
- Program remedial dan program pengayaan berdasarkan hasil asesmen
- Refleksi
- Procedural & declarative knowledge
- Working memory & long-term memory
- Kode etik guru
- Interaksi guru-murid
- School safety
- Diversity
- Pengertian dan pengembangan potensi
- Perencanaan karir dan pengembangan potensi diri