Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Administrasi Pelaksanaan ANBK Online dan Semi Online 2023 - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Administrasi Pelaksanaan ANBK Online dan Semi Online 2023


ANBK, yang merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), akan segera dilaksanakan pada tahun 2023 untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Satuan pendidikan memiliki opsi untuk menyelenggarakan ANBK secara mandiri atau bergabung dengan penyelenggara lain (menumpang). Pelaksanaan ANBK dapat dilakukan melalui moda semi online atau sepenuhnya online.

Kemdikbudristek bertanggung jawab untuk mengoordinasikan program asesmen nasional ini kepada satuan pendidikan melalui dinas pendidikan terkait dan melakukan sosialisasi terhadap proktor dan tim teknis anbk tersebut. 

Tujuan Asesmen Nasional atau ANBK ini adalah untuk mengevaluasi seluruh aspek kognitif dan non-kognitif siswa, termasuk literasi, numerasi, dan lingkungan belajar mereka. Jadwal pelaksanaan ANBK 2023 bervariasi untuk setiap tingkat sekolah sesuai jenjang satuan pendidikannya.

ANBK 2023 ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengidentifikasi input, proses, dan hasil pembelajaran di semua satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilakukan melalui tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Meskipun ada perbedaan antara jenjang SD, SMP, dan SMA, cara pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) Online Tahun 2023 adalah serupa. Proses akses, login, dan aktivasi token tetap sama.

Untuk panduan lebih lanjut tentang pelaksanaan ANBK 2023, termasuk tutorial Gladi ANBK 2023 dan administrasi ANBK lainnya yang diperlukan dalam pelaksanaan ANBK Online dan Semi Online Tahun 2023, Anda dapat mengunduhnya di bawah ini yaitu sebagai berikut:

  • Untuk tutorial pelaksanaan ANBK Online 2023 simak (Disini)
  • Untuk Tutorial Unggah Foto Peserta ANBK Online 2023 klik (Disini
  • Untuk Format Laporan Pelaksanaan ANBK 2023 klik (Disini
  • Untuk SK Panitia ANBK 2023 klik (Disini)
  • Untuk ID Card atau Name Tag Panitia ABNK 2023 klik (Disini)
  • Untuk SK Proktor dan Teknisi ANBK 2023 klik (Disini)
  • Untuk SK Pengawas ANBK 2023 klik  (Disini)