Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka


Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka mencakup rancangan dan berbagai jenis materi yang digunakan oleh guru untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dan membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jenis perangkat pembelajaran ini meliputi modul ajar, buku pengajaran, modul proyek, serta berbagai media pembelajaran lainnya yang mendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Modul ajar ini adalah perangkat ajar yang bermanfaat untuk memandu guru dalam melaksanakan pembelajaran. Modul ajar yang dikembangkan tersebut harus memenuhi kriteria esensial, menarik, bermakna dan menantang, relevan dan kontekstual, serta berkesinambungan.

Modul ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 adalah perangkat ajar yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dan Profil Pelajar Pancasila dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan modul ajar ini mesti disusun secara komprehensif, meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan refleksi.

Dalam pengembangan modul ajar ini, pendidik dapat mengembangkan sendiri modul ajar yang harus disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, karakteristik peserta didik, lingkungan belajar serta dengan memperhatikan sarana dan prasarana di sekolah masing-masing.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D di Kelas 8:

Pada akhir Fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi sesuai tujuan  dan memahami teks arahan/petunjuk, teks cerita pendek, teks puisi sederhana, teks drama, surat pribadi, dan surat resmi. Peserta didik mampu memahami isi bacaan sederhana dan meresponnya dengan berbagai bentuk, berbicara dengan sopan, santun, intonasi yang jelas dan mudah dipahami. Peserta didik juga mampu menuliskan kembali isi teks arahan/petunjuk, teks cerita pendek, teks puisi sederhana, teks drama, surat pribadi, dan surat resmi.

1. Menyimak

Peserta didik mampu menyimak dengan saksama, memahami dan memaknai instruksi, mengidentifikasi informasi berupa fakta atau proses kejadian dari teks petunjuk/arahan sederhana, teks cerita pendek, surat pribadi, teks puisi, teks drama, dan surat resmi seperti surat undangan dan surat pemberitahuan yang disajikan dalam bentuk lisan atau isyarat, teks aural (teks yang dibacakan) dan teks audiovisual.

2. Membaca dan memirsa

Peserta didik membaca dan memahami kata-kata baru yang diperolehnya. Peserta didik mampu membaca teks sederhana dengan lancar, membaca teks petunjuk/arahan sederhana, cerita pendek, teks puisi, teks drama, surat pribadi, dan surat resmi.

3. Berbicara dan mempresentasikan
Peserta didik mampu melakukan tanya jawab dengan teman, guru, dan orang dewasa di sekitarnya dengan santun berbahasa. Peserta didik juga mampu menceritakan kembali isi teks petunjuk/arahan sederhana, cerita pendek, teks puisi, surat pribadi, dan surat resmi (surat undangan atau pemberitahuan) serta memerankan drama sederhana dengan lafal dan intonasi yang sesuai.

4. Menulis

Peserta didik mampu menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalaman dalam bentuk teks petunjuk/arahan sederhana, teks cerita pendek, dan teks drama sederhana. Peserta didik juga dapat menulis surat pribadi, surat resmi, dan teks puisi dengan tulisan yang jelas dan rapi. 

Berikut Link Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 dan 2:

  • Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • Prosem Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • Prota Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • KKTP Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • PPT Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 dan 2 versi pertama klik (Disini)
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 dan 2 versi kedua klik (Disini)

Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka klik di bawah ini:

  • Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)