Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Materi Matematika Kelas 7 Kurikulum Merdeka : Bab 2: Bilangan Rasional - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Materi Matematika Kelas 7 Kurikulum Merdeka : Bab 2: Bilangan Rasional

Bab 2: Bilangan Rasional

A. Di Antara Dua Bilangan Bulat:

Pada bagian ini, siswa mempelajari konsep bilangan rasional, yang merupakan pecahan dari dua bilangan bulat. Mereka diajarkan cara menemukan bilangan rasional di antara dua bilangan bulat.

Contoh: Jika diminta mencari bilangan rasional di antara -2 dan 3, siswa dapat menemukan bilangan rasional seperti -1, 0, 1, dan 2.

B. Membandingkan Bilangan Rasional:

Di sini, siswa belajar tentang cara membandingkan bilangan rasional, baik dengan menggunakan tanda "<", ">", atau "=" atau dengan mengubahnya menjadi desimal dan membandingkan.

Contoh: Siswa diminta membandingkan bilangan rasional -3/4 dan 1/2. Setelah diubah menjadi desimal, mereka dapat membandingkan bahwa -0.75 < 0.5.

C. Operasi Hitung Bilangan Rasional:

Pada bagian ini, siswa mempelajari operasi matematika dasar pada bilangan rasional, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Mereka juga memahami bagaimana menyederhanakan pecahan sebelum melakukan operasi.

Contoh: Siswa diminta untuk menjumlahkan dan menyederhanakan pecahan:

- 1/3 + 2/5

- 4/7 - 1/7

- 2/3 × 5/4

- 3/5 ÷ 2/3

Contoh Soal :

1. Temukan bilangan rasional di antara -2 dan 1.

2. Bandingkan bilangan rasional -5/6 dan -2/3.

3. Hitunglah: 3/4 + 2/3

4. Sederhanakan: 9/12 - 3/6

5. Jika seutas tali sepanjang 2/5 meter dipotong menjadi 5 bagian yang sama panjang, berapa panjang setiap potongan tali?

Jawaban:

1. Temukan bilangan rasional di antara -2 dan 1:

   Bilangan rasional di antara -2 dan 1 adalah -1, 0, dan 1/2.


2. Bandingkan bilangan rasional -5/6 dan -2/3:

   Kita perlu mengubah kedua pecahan agar memiliki penyebut yang sama:

   -5/6 = -10/12

   -2/3 = -8/12

Sekarang kita bisa membandingkan -10/12 dan -8/12. Kedua bilangan ini memiliki nilai yang sama, tetapi karena tanda negatif, -10/12 < -8/12.


3. Hitunglah: 3/4 + 2/3:

   Kita perlu mengubah kedua pecahan agar memiliki penyebut yang sama:

   3/4 = 9/12

   2/3 = 8/12

   Sekarang kita dapat menjumlahkan:

   9/12 + 8/12 = 17/12


4. Sederhanakan: 9/12 - 3/6:

   Kita perlu mengubah pecahan kedua agar memiliki penyebut yang sama:

   3/6 = 6/12

   Sekarang kita dapat melakukan pengurangan:

   9/12 - 6/12 = 3/12 = 1/4


5. Jika seutas tali sepanjang 2/5 meter dipotong menjadi 5 bagian yang sama panjang, berapa panjang setiap potongan tali?

   Panjang setiap potongan tali = Total panjang tali / Jumlah potongan

   Panjang setiap potongan tali = (2/5) / 5 = 2/25 meter