Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Cara Download Buku Kurikulum Merdeka - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Cara Download Buku Kurikulum Merdeka


Kurikulum Merdeka adalah suatu konsep pendidikan yang diperuntukkan bagi jenjang pendidikan TK, SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Konsep ini bertujuan untuk memberikan kebebasan dan kemandirian kepada siswa dalam proses belajar-mengajar. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa diberikan ruang lebih besar untuk mengembangkan potensi, minat, dan bakat mereka. Mereka didorong untuk aktif dalam mengelola pembelajaran, memilih materi yang relevan, serta menggali pengetahuan melalui pengalaman langsung dan pemecahan masalah. Kurikulum Merdeka juga mendorong pendekatan berbasis kompetensi, pengembangan keterampilan abad ke-21, dan pemupukan nilai-nilai karakter. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka berupaya untuk menciptakan siswa yang memiliki kemandirian, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan keberanian menghadapi tantangan masa depan.

Ada beberapa opsi untuk mengakses buku Kurikulum Merdeka secara online. Salah satunya adalah melalui ebook yang dapat diunduh dari Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (SIBI), laman resmi yang dikelola oleh Kemdikbud. Di laman tersebut, Anda dapat memilih jenis buku, jenjang pendidikan, kelas, dan mata pelajaran yang Anda inginkan. Buku-buku pelajaran untuk siswa maupun guru akan tersedia di sebelah kanan laman tersebut. Format buku yang tersedia meliputi PDF, audio, dan buku interaktif. Jadi, jika Anda mencari buku Kurikulum Merdeka untuk PAUD, TK, SD, SMP, atau SMA, silakan kunjungi laman SIBI untuk membaca daring atau mengunduh buku sesuai kebutuhan Anda. 

Cara mengunduh buku di laman SIBI yaitu:

  • Silahkan kunjungi laman SIBI atau klik link https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/buku-kurikulum-merdeka
  • Kemudian di bagian kiri, silahkan pilih tipe buku (buku pdf, audio, atau interaktif), 
  • Lalu pilih jenjang (SD, SMP, SMA/SMK)
  • Kemudian pilih kelas 
  • Selanjutnya pilih mata pelajaran
  • Maka, di kanannya akan muncul buku yang kita cari, dan terakhir kita pilih unduh.

Selamat belajar!